MAKIN MENDUNIA UMP PILIHANKU

Saatnya pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, sudah di buka di Jawa Tengah Bagian Barat bahkan terbesar tidak heran banyak Mahasiswa setalah lulus didaerah Jawa Tengah pendidikan mencari pembelajaran untuk jenjang karir yang lebih baik, Bahkan di kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto di bekali pendidikan agama yang baik dari Dosen-dosen ternama yang mendidik Mahasiswa-Mahasiswi menjadi akhlul karimah. Asyikkkk...Loh kuliah dengan mendapat  ilmu dan gelar yang sudah kita raih bisa mengabdi untuk Indonesia, bahkan di Universitas Muhammadiyah banyak teman dan berbagi pertukaran pengetahuan dan informasi.

Banyakkk loh yang sudah milih Universitas, namun pas lulus tidak terdaftar Akreditasi BAN PT bahkan jika ingin melamar pekerjaan dibutuhkan keaslian ijasah asli dari kampusnya. Jangan sampai kita salah ya guyss.....

bisa menyesal dikemudian hari, untuk itu UMP tidak perlu diragukan karena dasarnya sudah terdaftar di BAN PT. Yukkk....Start Here Go Anywhare UMP

Namun seiring makin maraknya sekolah-sekolah baru sekarang, baik pemerintah, guru, atau orang tua kita sepertinya tidak pernah menjelaskan kepada kita apa itu akreditasi, apa artinya, dan kenapa akreditasi penting. Di internet pun hanya satu atau dua website saja yang memberikan penjelasan lengkap tentang akreditasi.
Sebelumnya, kita harus tahu apa saja yang dinilai dalam akreditasi, mengutip dari website Filosofi Remaja, point yang dinilai adalah:
  1. Kurikulum dari setiap program pendidikan
  2. Jumlah dosen / tenaga pendidik.
  3. Keadaan mahasiswa / murid
  4. Koordinasi pelaksanaan pendidikan
  5. Sarana dan prasarana pendidikan.
  6. Kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan rumah tangga dari sekolah / perguruan tinggi.
Jika diperhatikan indikator-indikator apa saja yang dinilai dalam akreditasi, maka ternyata akreditasi sangatlah signifikan dalam menentukan apakah sebuah sekolah unggulan atau tidak, ‘bagus’ atau tidak. Namun tidak perlu khawatir mengenai akreditasi UMP, karena sudah terdaftar jelas di BAN-PT, yUUUUKKK.... Daftar sekarang juga, 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) merupakan perguruan tinggi swasta  terbesar di Jawa Tengah bagian barat, yang terakreditasi B. UMP menempati peringkat ke 2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah, dan peringkat ke 6 di Indonesia.
UMP secara aktif mengembangkan kerja sama Internasional  dengan 45 perguruan tinggi ternama dunia dalam bidang riset dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Selain itu, UMP saat ini juga memperkuat kerjasama dalam negeri dengan 82 mitra strategis, diantaranya Instansi Pemerintah Daerah, Rumah Sakit dan Industri terkemuka di seluruh Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)  juga memiliki kualitas  tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3, pegawai profesional, perpustakaan universitas yang lengkap Terkreditasi A, pusat teknologi informasi, jaringan internet 24 jam, pusat bahasa berstandar Internasional dan laboratorium pusat unggulan penelitian modern.

UMP merupakan alih bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Purwokerto yang didirikan tanggal 5 April 1965 bertepatan dengan hari Senin Pahing 3 Dulhijah 1896 M atau 3 Dzulhijah 1384 H yang merupakan cabang IKIP Muhammadiyah Surakarta cabang Purwokerto terdiri dari dua fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Pendidikan Umum. Pada tahun 1968 IKIP Muhammadiyah Surakarta Cabang Purwokerto memisahkan diri dari induknya dan berubah menjadi IKIP Muhammadiyah Purwokerto dengan Rektor pertama IKIP Muhammadiyah Purwokerto adalah Drs. H. Djarwoto Aminoto Tahun 1974/1975 IKIP 

VISI DAN MISI UMP
VISI UMP
Visi Universitas Muhammadiyah Purwokerto adalah “Menjadi Universitas Unggul, Modern dan Islami”.
  1. Unggul adalah universitas memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif di bidang   pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan manajemen.
  2. Modern adalah universitas selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terbaru (mutakhir) sesuai dengan kebutuhan zaman.
  3. Islami adalah penyelenggaraan universitas berlandaskan prinsip dan nilai Al-Qurān dan Al-Sunnah. 

MISI UMP
Misi Universitas Muhammadiyah Purwokerto  :
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat secara profesional serta menjalankan manajemen universitas sesuai dengan prinsip good university governance.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan tuntutan zaman.
  3. Mengaktualisasikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam dalam penyelenggaraan universitas.


FAKULTAS 


Bidang yang paling banyak diminati sebagian besar Mahasiswa, ketika lulus SMU banyak memilih untuk bekerja sambil kuliah, atau kuliah saja tidak menjadi masalah untuk belajar tidak ada batasan usia untuk terus berkembang mengembangkan bakat kemampuan.Fakultas terdiri dari banyak bidang yang ingin Mahasiwa-Mahasiswi lanjut tingkat pendidikan. Banyak lulusan ingin menjadi tenaga pendidik guru pengajar berbagai bidang keahlian yang nantinya bisa mengajar SMU/SMA.
  • Guru profesinya ada fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan (S1):

1. Program Studi Geografi
2. Program Studi Biologi
3. Program Studi Matematika
4. Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
5. Program Studi Pendidikan Sejarah
6. Program Studi Pendidikan Usia Dini (TK)
7. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan
8. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (SD)
  • FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Bagi Lulusan SMU/SMA yang ingin berminat menguasai bakatnya JAGO di bidang Ekonomi dan bisnis bisa nantinya bisa bekerja di bidang Ekonomi seperti Bank-Bank ternama, atau yang ingin bisnis enterpreneur, di Universitas Muhammadiyah Purwokerto tentu telah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada program studi Ekonomi Bisnis kamu akan mempelajari bagaimana merancang strategi bisnis dan mengambil keputusan bisnis. Disini kamu akan mempelajari ilmu dan teori-teori ekonomi untuk diterapkan dalam praktik bisnis. Cukup berbeda dengan program studi Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Bisnis yang mempelajari ilmu ekonomi untuk kebutuhan pembuatan kebiijakan publik dan pengelolaan serta perencanaan bisnis.
Bagi kamu yang memiliki passion dalam dunia bisnis, pengetahuan yang kamu peroleh dari prodi Ekonomi Bisnis akan sangat menguntungkan karena secara langsung dapat diterapkan dalam membantu proses pengambilan keputusan bisnis.
Lulusan prodi Ekonomi Bisnis telah dipersiapkan untuk menjadi profesional yang unggul untuk terjun ke dunia kerja di bidang bisnis. Dengan komppetensi yang dimiliki lulusannya, peluang untuk berkarir sebagai analis bisnis, konsultan bisnis, hingga mengembangkan bisnis sendiri.
  • FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS


Fakultas Teknik  menghasilkan lulusan yang siap merancang, membangun, dan merawat fasilitas-fasilitas publik; jalan, bendungan, kanal, jembatan, dan perumahan rakyat. dan teknik Elektro bisa belajar untuk mampu merancang dan menghasilkan alat-alat yang akan digunakan untuk antara lain; konversi energi, keamanan bangunan, produksi skala besar/massif dan terotomatisasi, berskala berat (kendaraan industri).bahkan berbeda lagi dengan Teknik Kimia dasar-dasar rekayasa seperti termodinamika, kinetika reaksi dan perancangan reaktor, proses pemisahan, serta peristiwa perpindahan (momentum, energi dan massa).
Inilah Program Studi UMP:
1. Program Studi Teknik Sipil
2. Program Studi Teknik Kima
3. Program Studi Teknik Elektro
4. Program Studi Teknik Informatika
  • FAKULTAS AGAMA ISLAM


Bagi yang ingin masuk jurusan Fakultas agama Islam bisa menjadi guru pendidik secara hukum ekonomi syariah. Program studi ini akan menjadikan kamu cendikiawan Pendidikan Agama Islam yang produktif dan kompetitif, yang akan dapat memberikan kontribusi pemikiran pada pengembangan Pendidikan Agama Islam. Kamu akan dilatih untuk mengembangkan pikiran dan wawasanmu, sehingga diharapkan dapat menghasilkan karya penelitian yang menjadi referensi dalam bidang pendidikan. Kamu juga akan terbiasa untuk memikirkan sebuah kajian keilmuan yang memberikan pengaruh pada wacana dan praktek Pendidikan Agama Islam. Apabila kamu tertarik untuk mempelajari ilmu Agama Islam lebih dalam, dan memiliki panggilan jiwa untuk berdakwah dan sebagai tenaga pendidik, maka program studi ini cocok buat kamu.

Ada beberapa FAKULTAS Agama diantaranya:

1. Program Studi Pendidikan Agama Islam
2. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah

sumber photo: http://pak-boedi.blogspot.com/2012/11/makalah-tentang-tasawuf-maqamat.html



  • FAKULTAS PERTANIAN

Nahhh... Satu lagi jika ingin bercocok tanam, yang ingin bertani melakukan budidaya padi menjadi beras, dan berbagai pembibitan berbagai macam buah, bisa memahami cara mengatur keseimbangan kesuburan tanah, untuk bercocok tanam. 
Praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa pertanian kebanyakan dilakukan di tempat-tempat sejenis lahan pertanian yang kebanyakan hijau, alami, dan menyegarkan. Hmm, hitung-hitung wisata gratis berbaur dengan alam, ya.

Salahsatunya Fakultas bisa kita ambil program:

1. Program Studi Argoteknologi
2. Program Studi Argibisnis
Sumber gambar: http://powerofagriculture.blogspot.com/2011/11/alasan-memilih-fakultas-pertanian.html




  • FAKULTAS PSIKOLOGI


Untuk yang ingin melanjutkan program psikologi tentu kita bisa belajar memahami karakter sifat manusia menilai dari kepribadian, Psikologi salah satu prodi yang banyak dicari di dunia kerja. Kemampuan lulusannya untuk menganalisis perilaku dan kepribadian manusia sangat bermanfaat untuk berbagai industri. Seorang Sarjana Psikologi dapat berkarir sebagai konsultan psikologi/psikolog, ahli psikometri yang tugasnya membuat pengukuran psikologis, pengajar psikologi, dan recruiter atau talent acquisition di berbagai perusahaan. Di instansi pemerintahan, lulusan Psikologi juga dibutuhkan sebagai ahli intervensi sosial yang tugasnya membantu pemerintah menangani konflik-konflik dalam kelompok atau komunitas tertentu di masyarakat.
Sumber Photo: http://kongashifu.blogspot.com/2014/07/jurusan-psikologi-universitas.html


  • FAKULTAS FARMASI
Bagi yang ingin Masuk ke dalam kesehatan obat-obatan meracik dan membuat obat, tentu pasti banyak peminatan lulusan jurusan IPA, alangkah baiknya  memahami dasar-dasar takaran sesuai porsi yang berlaku bagi  Badan POM Kesehatan.
dan bisa membuka apotek sendiri, jika sudah ada izin dari dinas kesehatan Obat-obatan yaa guyss...
sumber referensi: https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/perguruan-tinggi-dengan-jurusan-farmasi-dan-apoteker-terbaik-di-indonesia



  • FAKULTAS SASTRA
  • FAKULTAS HUKUM
  • FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  • FAKULTAS KEDOKTERAN



LOKASI KAMPUS

Kampus I
Jl. Raya Dukuhwaluh PO. BOX 202 Purwokerto 53182
Telp. (0281) 636751, 630463, Fax. (0281) 637239

Kampus II
Jl. Letjen. Soepardjo Roestam Km. 7 PO. BOX 229 Purwokerto 53181
Telp. (0281) 6844252, 6844253, Fax. (0281) 637239

Komentar

Postingan Populer